.post img:hover { -moz-trnasform: scale(1.3) ; -webkit-transform: scale(1.3); -o-transform: scale(1.3) ; -ms-transform: scale(1.2) ; transform: scale(1.3) ;}

TATA CARA BERDOA SESUAI TUNTUNAN

09:39 |




Assalamu’alaikum. saya mau bertanya cara tata cara berdoa yang benar seperti apa? karena saya melihat ada yang mengangkat tangan ketika berdoa dan tidak. terimakasih.
Fahmi

13 Adab berdoa
Pertama, mencari waktu yang mustajab.
Diantara waktu yang mustajab adalah hari arafah, ramadhan, sore hari jumat, dan waktu sahur atau sepertiga malam terakhir.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
 “Allah turun ke langit dunia setiap malam, ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Allah berfirman: Siapa yang berdoa kepada-Ku, Aku kabulkan, siapa yang meminta-Ku, Aku beri, dan siapa yang minta ampunan pasti Aku ampuni.” (H.r. Muslim)
Kedua, memanfaatkan keadaan yang mustajab untuk berdoa.
Diantara keadaan yang mustajab untuk berdoa adalah: ketika perang, turun hujan, ketika sujud, antara adzan dan iqamah, atau ketika puasa menjelang berbuka. Abu Hurairah radliallahu ‘anhu mengatakan, “Sesungguhnya pintu-pintu langit terbuka ketika; jihad fi sabillillah sedang berkecamuk, ketika turun hujan, dan ketika iqamah shalat wajib. Manfaatkanlah untuk berdoa ketika itu.” (Syarhus Sunnah al-Baghawi, 1: 327)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Doa antara adzan dan iqamah tidak tertolak .” (H.r. Abu Daud, Nasa’i, danTurmudzi)
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Keadaan terdekat antara hamba dengan Tuhannya adalah ketika sujud. Maka perbanyaklah berdoa.” (H.r. Muslim)
Ketiga, Menghadap kiblat dan mengangkat tangan
Dari Jabir radliallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika berada di padang Arafah, beliau menghadap kiblat, dan beliau terus berdoa sampai matahari terbenam. (H.r. Muslim)
Dari Salman radliallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Tuhan kalian itu Malu dan Maha Memberi. Dia malu kepada hamba-Nya ketika mereka mengangkat tangan kepada-Nya kemudian hambanya kembali dengan tangan kosong (tidak dikabulkan).” (H.r. Abu Daud & Turmudzi dan beliau hasankan)
Read More

CARA MENGHEMAT SUMBER DAYA ALAM

09:37 |



http://3.bp.blogspot.com/-R5VoXYQTSUc/Ucv7bS-MCRI/AAAAAAAAAOk/iYBLZsFSeKE/s320/mezs.jpg
      SDA atau Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam ini yang dapat memiliki berbagai macam bentuk, seperti SDA pertanian, SDA pertambangan dll. Kebanyakan SDA itu merupakan SDA yang tidak dapat di perbaharui. Ini menandakan bahwa jika kita menggunakan SDA secara berlebihan maka SDA tersebut akan cepat habis. Tetapi yang menjadi fenomena adalah kelangkaan SDA air, padahal SDA air ini termasuk SDA yang dapat diperbaharui. Untuk menghindari kelangkaan SDA ini, kita haruslah pintar-pintar berhemat, misalnya :

1.      Turunkan Suhu AC anda. Hindari penggunaan suhu maksimal. Gunakan AC pada tingkatan sampai kita  merasa cukup nyaman saja.
2.      Gunakan Timer untuk menghindari lupa mematikan AC. Gunakanlah timer sesuai dengan kebiasaan anda.
3.      Gunakan pemanas air tenaga surya. Meskipun mahal,dalam jangka waktu lama hal ini akan menghemat tagihan listrik anda.
4.      Matikan lampu yang tidak terpakai dan jangan biarkan air menetes. Selain menghemat energi dan airbersih, ini akan menghemat tagihan anda.
5.      Gunakan lampu yang hemat energi. meskipun lebih mahal, rata-rata mereka lebih kuat dan lebih hemat hingga 80% dari lampu pijar biasa.
6.      Maksimalkan pencahayaan dari alam. Gunakan warna terang ditembok, gunakan genteng kaca di plafon, maksimalkan pencahayaan melalui jendela.
7.      Kurangi waktu dalam membuka lemari es anda. Untuk setiap membuka lemari es anda.


Read More

BENTUK KERJA SAMA ASEAN BIDANG EKONOMI

09:36 |





Negara-negara ASEAN juga bekerja sama dalam bidang  ekonomi dan sosial budaya. Dalam bidang ekonomi meliputi :
1.      Membuka Pusat Promosi ASEAN untuk perdagangan, investasi dan pariwisata di Tokyo Jepang, dengan tujuan untuk meningkatkan ekspor ke Jepang dan meningkatkan penanaman modal serta arus wisata Jepang ke negara-negara ASEAN.
2.      Menyediakan Cadangan Keamanan Pangan ASEAN, terutama beras, untuk keperluan darudat. Cadangan pangan tiap-tiap negara adalah:
  • Indonesia : 12.000 ton
  • Malaysia : 6.000 ton
  • Filipina : 12.000 ton
  • Muangthai : 15.000 ton
  • Singapura : 5.000
3.      Menyelenggarakan pembangunan proyek-proyek industri ASEAN, antara lain:
  • proyek pabrik pupuk urea ammonia di Aceh, Indonesia (ASEAN Aceh Fertilizer Project).
  • proyek pabrik urea di Malaysia (ASEAN Urea Project).
  • proyek industri tembaga di Filipina (ASEAN Copper Fabrication Project).
  • proyek pabrik vaksin di Singapura (ASEAN Vaccine Project).
  • proyek abu soda di Muangthai (Rock Salt Soda Ash Project).

Read More

SEJARAH MANDRIVA LINUX

09:35 |




Mandriva Linux yang sebelumnya disebut  Mandrakelinux atau Mandrake Linux adalah distribusi Linux dari Perancis yang didistribusikan oleh Mandriva (sebelumnya Mandrakesoft).
Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager. Masa rilis Mandriva Linux adalah 18 bulan untuk base update seperti Linux, sistem software, dll dan 12 bulan untuk desktop update seperti window manager, desktop environment, I, dll). Untuk versi Server menerima update penuh selama minimal 24 bulan setelah dirilis.
Mandriva Linux adalah salah satu distro linux yang mengutamakan kemudahan bagi para penggunanya terutama bagi para pemula didunia Linux.

Read More

HIKAYAT SI MISKIN

09:34 |



Hikayat ini menceritakan orang pada zaman dahulu sekali. Suatu peristiwa yang mana Allah SWT menunjukkan kekayaanNya kepada hambaNya. Menceritakan orang miskin suami-isteri yang mencari rizki ke negara antah berantah. Nama raja dalam negara tersebut adalah Indera Dewa. Beliau teramat mahsyur. Raja-raja di tanah Dewa tersebut takluk kepada Baginda dan membayar upeti setiap tahunnya.
            Suatu hari baginda sedang berkumpul bersama raja-raja, menteri dan hulubalang serta rakyatnya. Lalu Si Miskin menuju ke tempat berkumpul tersebut.  Orang-orang melihatny, Si miskin suami-isteri tersebut berpakaian usang seperti habis dimamah anjing. Orang-orang tertawa melihatnya sambil mengambil kayu dan batu. Si Miskin dilempari tubuhnya dan bengkak serta berdarah. Baginda berkata” ada apakah gerangan di luar itu?”. Para raja menjawab” ya taunku Syah Alam, orang melempari Si Miskin tuanku”. Baginda berkata” usirlah jauh-jauh!”.Diusirlah oleh orang-orang Si Miskin tersebut hingga ke tepi hutan dan orang-orang kembali.
           
Read More

KISAH RAMAYANA

09:33 |



Dikisahkan di sebuah negeri yang bernama Mantili berada seorang puteri nan cantik jelita bernama Dewi Sinta. Dia seorang puteri raja negeri Mantili yaitu Prabu Janaka. Suatu hari sang Prabu mengadakan sayembara untuk mendapatkan sang Pangeran bagi puteri tercintanya. Pada akhirnya sayembara itu dimenangkan oleh Putera Mahkota Kerajaan Ayodya, yang bernama Rama. Dalam kisah ini juga ada seorang Alengkadiraja yaitu Prabu Rahwana yang juga sedang kasmaran, namun bukan kepada Dewi Sinta tetapi dia ingin memperistri Dewi Widowati. Dari penglihatan Rahwana, Sinta dianggap sebagai titisan Dewi Widowati yang selama ini diimpikannya. Dalam sebuah perjalanan Rama dan Sinta yang disertai Lesmana adiknya, sedang melewati hutan belantara yang dinamakan hutan Dandaka. Si  raksasa Prabu Rahwana mengintai mereka bertiga, khususnya Sinta. Rahwana ingin menculik Sinta untuk dibawa ke istananya dan dijadikan istri, dengan siasatnya Rahwana mengubah seorang hambanya bernama Marica menjadi seekor kijang kencana. Dengan tujuan memancing Rama pergi memburu kijang jadi-jadian itu, karena Dewi Sinta menginginkannya. Dan memang benar setelah melihat keelokan kijang tersebut, Sinta meminta Rama untuk menangkapnya. Karena permintaan sang istri tercinta maka Rama berusaha mengejar kijang seorang diri sedangkan Sinta dan Lesmana menunggui.
Read More

HIKAYAT HANG TUAH

09:33 |





Alkisah, Di pantai barat Semenanjung Melayu, terdapat sebuah kerajaan bernama Negeri Bintan. Waktu itu ada seorang anak laki-laki bernama Hang Tuah. Ia seorang anak yang rajin dan pemberani serta sering membantu orangtuanya mencari kayu di hutan. Hang Tuah mempunyai empat orang kawan, yaitu Hang Jebat, Hang Lekir, Hang Lekiu dan Hang Kesturi. Ketika menginjak remaja, mereka bermain bersama ke laut. Mereka ingin menjadi pelaut yang ulung dan bisa membawa kapal ke negeri-negeri yang jauh.
Suatu hari, mereka naik perahu sampai ke tengah laut. Hei lihat, ada tiga buah kapal! seru Hang Tuah kepada teman-temannya. Ketiga kapal itu masih berada di kejauhan, sehingga mereka belum melihat jelas tanda-tandanya. Ketiga kapal itu semakin mendekat. Lihat bendera itu! Bendera kapal perompak! Kita lawan mereka sampai titik darah penghabisan! teriak Hang Kesturi. Kapal perompak semakin mendekati perahu Hang Tuah dan temantemannya. Ayo kita cari pulau untuk mendarat. Di daratan kita lebih leluasa bertempur! kata Hang Tuah mengatur siasat. Sesampainya di darat Hang Tuah mengatur siasat. Pertempuran antara Hang Tuah dan teman-temannya melawan perompak berlangsung sengit. Hang Tuah menyerang kepala perompak yang berbadan tinggi besar dengan keris pusakanya. Hai anak kecil, menyerahlah. Ayo letakkan pisau dapurmu! Mendengar kata-kata tersebut Hang Tuah sangat tersinggung. Lalu ia melompat dengan gesit dan menikam sang kepala perompak. Kepala perompak pun langsung tewas. Dalam waktu singkat Hang Tuah dan teman-temannya berhasil melumpuhkan kawanan perompak. Mereka berhasil menawan 5 orang perompak. Beberapa perompak berhasil meloloskan diri dengan kapalnya.
Read More

SUMBER DAYA ALAM YANG DAPAT DIPERBAHARUI

09:31 |




 Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah jenis sumber daya alam yang jika persediaanya telah berkurang atau habis, akan dapat diproduksi kembali. Pembaharuan tersebut dapat dilakukan secara alamiah atau bantuan (rekayasa manusia). Contoh sumber daya hutan dan sumber daya hewan.

Jenis-jenis Sumber Daya Alam yang Dapat  Diperbahrui

1.  Tumbuhan
Tumbuhan merupakan sumber daya alam yang sangat penting. Selain dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, organisme ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan oksigen dan pati(karbohidrat) melalui proses fotosintesis.Oleh karena itu, tumbuhan merupakan produsen atau penyusun dasar rantai makanan. Eksploitasi tumbuhan yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan bahkan kepunahan dan hal ini akan berdampak pada rusaknya rantai makanan. Kerusakan yang terjadi karena punahnya salah satu faktor dari rantai makanan akan berakibat punahnya konsumen tingkat di atasnya. Berbagai tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia, dikembangbiakkan melalui kegiatan pertanian.

Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia diantaranya:
-  Bahan makanan, misalnya: padi, jagung,gandum,tebu
-  Bahan bangunan, misalnya:  kayu jati, kayu mahoni
-  Bahan bakar (biosolar), misalnya:  kelapa sawit
-  Obat - obatan, misalnya:  jahe, daun binahong, kina, mahkota dewa
-  Bahan baku pupuk kompos.
-  Bahan baku tekstil, misalnya: kapas


Read More

KENAPA KAPAL TIDAK TENGGELAM

09:30 |


Setiap benda memiliki massa jenis (kadang disebut juga Berat Jenis), yaitu perbandingan antara massa dengan volume benda tersebut. Sebagai contoh Massa Jenis Air adalah 1 gr/cm3 (= 1000 kg/m3), artinya air yang memiliki ukuran kubus dengan sisi masing-masing 1 cm, akan memiliki berat 1 gram.
BuoyancyKamu sudah tahu bahwa sebuah benda akan terapung, melayang, tenggelam di dalam sebuah cairan, adalah karena massa jenis benda itu dibandingkan dengan massa jenis cairan tempat benda itu dicelupkan. Jadi benda akan terapung jika massa jenis benda itu lebih kecil dari massa jenis cairan. Benda akan melayang jika massa jenis benda dan cairannya sama. Benda akan tenggelam jika massa jenis benda lebih besar dari massa jenis cairan.
Lantas apa yang mempengaruhi massa jenis? Seperti yang sudah di jelaskan di atas, massa jenis adalah perbandingan antara massa benda dengan volumenya. Artinya semakin kecil massa benda (semakin ringan), dan semakin besar volume benda tersebut, maka semakin kecil-lah massa jenisnya.
IMG_0469Kembali ke masalah jarum dan kapal laut. Katakanlah keduanya dicelupkan kedalam cairan yang sama (yang tentu memiliki massa jenis yang sama). Jarum akan tenggelam karena massa jenis jarum lebih besar dari pada massa jenis air, dan juga masih lebih besar dari massa jenis kapal. Kenapa massa jenis kapal bisa lebih kecil dari massa jenis jarum? Penyebabnya adalah kapal laut memiliki ”ruangan” yang demikian luas beserta rongga berisi udara, yang menjadikan ”volume” kapal laut menjadi sedemikian besar dan mengakibatkan massa jenisnya jadi lebih kecil. Bingung?, begini : massa jenis adalah Massa dibagi volumenya, nah jika volumenya semakin besar sementara massanya tetap, maka hasil pembagiannya tentu jadi lebih kecil kan? (coba deh 8 dibagi 2 = 4, sementara 8 dibagi 4 = 2, jadi lebih kecil kan?)

Massa jenis juga bergantung pada jenis bahan, sebuah kubus pejal berukuran sama yang  terbuat dari kayu tentu akan memiliki massa jenis lebih kecil daripada kubus yang terbuat dari logam.


MENGAPA KAPAL LAUT TIDAK TENGGELAM ?

 
Mengapa kapal laut tidak tenggelam?
Hal ini dapat dijelaskan dengan memakai prinsip fisika yakni massa jenis. Massa jenis merupakan perbandingan antara massa dan volume benda tersebut. Artinya, meskipun suatu benda sangat berat, tetapi ukurannya sangat besar, pasti massa jenisnya cukup rendah.

Jadi, jika kita mencelupkan sebuah jarum ke air laut, jarum akan tenggelam. Karena, jarum terbuat dari logam besi dimana massa jenisnya 7,86 g/cm3 sedangkan air laut rata-rata massa jenisnya hanya 1,025 g/cm3. 

Suatu benda akan mengapung jika benda tersebut massa jenisnya lebih kecil dari massa jenis cairannya. Suatu benda akan melayang jika massa jenis benda sama dengan massa jenis cairan. Sedangkan suatau benda akan tenggelam jika massa jenis benda itu lebih besar dari massa jenis cairan. Sehingga jarum yang kita jatuhkan tadi akan tenggelam.
Beda halnya dengan kapal. Kapal memang terbuat dari logam besi dan baja, kapal memiliki ruangan yang demikian luas beserta rongga berisi udara. Hal ini membuat berat kapal tetap tetapi volumenya bertambah. Berdasarkan penerapan prinsip fisika tadi, massa jenis adalah perbandingan antara massa benda dan volume benda. Sehingga apabila massa tetap tetapi volume bertambah, ini menyebabkan massa jenis berkurang. Nah dengan menggunakan pengukuran yang tepat dalam pembuatan kapal, massa jenis kapal haruslah lebih kecil dibandingkan massa jenis air laut nanti yang akan membuat kapal nantinya terapung.

Read More

TEORI PRODUKSI DAN KEGIATAN PERUSAHAAN

09:10 |

Read More

MANFAAT UDARA BAGI KEHIDUPAN DAN FUNGSI UNSUR UDARA

09:09 |



Udara sangat penting bagi makhluk hidup. Tanpa udara, semua makhluk di muka bumi akan mati. Manfaat udara bagi kehidupan adalah sebagai berikut :
a.     Sebagai pelindung terhadap radiasi sinar matahari (sebagian sinar matahari diserap udara sehingga suhu di bumi tidak begitu tinggi).
b.     Sebagai sumber berbagai macam zat yang berguna bagi kehidupan (oksigen berguna bagi kehidupan, nitrogen berguna bagi tumbuhan).
c.     Sebagai pelindung bumi dari tabrakan-tabrakan dengan benda langit yang lain, karena meteorit-meteorit bergesekan dengan atmosfer sebelum sampai di bumi.
d.     Untuk keperluan komunikasi. Lapisan udara bagian atas atau pada ketinggian di atas 60 km berdasarkan partikel-partikel ion merupakan pemancar gelombang radio. Pemancar satelit palapa untuk komunikasi, satelit cuaca untuk mengamati keadaan cuaca dan satelit komunikasi TDRS (Telementry Data Relay Satellite) untuk membantu mengirimkan hasil pemotretan ke stasiun bumi.
e.     Membantu terjadi penyerbukkan bunga
f.        Untuk bernafas
g.     Melindungi bumi dari radiasi
h.     Membawa uap air yang akan turun sebagai hujan
i.         Untuk menyeburkan tanah
j.         Sebagai energi alternatif:  PLT Angin , Kincir Angin , Menggerakkan Perahu Layar , Layang-layang
k.      Mempengaruhi Musim

Read More

FAKTOR PENDORONG INTERAKSI SOSIAL

09:07 |





Interaksi sosial antarmanusia terjadi karena manusia ditakdirkan hidup untuk saling membutuhkan satu sama lain. Seseorang melakukan interaksi sosial dengan orang lain tentu didasari oleh dorongan-dorongan yang bersifat psikologis sosiologis pada dirinya dan dorongan-dorongan yang dimaksud adalah :
1.      Faktor Internal
Secara naluriah, manusia mempunyai dorongan-dorongan yang berasal dari dalam dirinya sendiri dalam melakukan interaksi sosial. Dorongan naluriah ini dibawa dan melekat secara alami pada diri individu masing-masing di dalam masyarakat, yakni dorongan-dorongan untuk :
a.            Meneruskan keturunan
b.            Memenuhi kebutuhan
c.            Mempertahankan hidup
d.            Berkomunikasi dengan sesama.

2.     
Read More

FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB PENYIMPANGAN SOSIAL

09:07 |





Perilaku menyimpang haruslah dilihat dari situasi dan kondisi masyarakat yang ada. Setiap individu mempunyai latar belakang kehidupan yang berbeda. Hal tersebut akan menyebabkan terbentuknya pola – pola perilaku yang berlainan, dan tidak semua individu mampu mengidentifikasi diri dengan nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat. Ini berarti proses sosialisasi telah gagal. Individu yang demikian cenderung menerapkan pola – pola perilaku yang salah dan menyimpang.
Adapun faktor – faktor yang menyebabkan timbulnya perilaku yang menyimpang adalah sebagai berikut :

1.    Perpebadaan Status
Adanya jurang pemisah antara si kaya dan si miskin yang sangat mencolok mengakibatkan timbulnya rasa iri dan dengki sehingga terjadilah tindak korupsi, manipulasi, dan kolusi.

2.    Banyaknya Pemuda Putus Sekolah (Drop Out) dan Pengangguran yang Hidupnya Liar di Jalanan
Sebenarnya seorang pemuda bisa saja bekerja di perkantoran. Untuk bisa bekerja di sebuah kantor, diperlukan keahlian. Namun, mereka tidak mempunyai keahlian itu. Padahal mereka juga butuh sandang, pangan, dan tempat tinggal. Akhirnya mereka mengambil jalan pintas dengan menjadi pengamen atau pengemis jalanan.

Read More

CARA CARA MENCANGKOK POHON JAMBU

09:06 |





Mencangkok atau okulasi adalah teknik pengembangbiakan tanaman yg sangat cocok utk di tanam di dalam pot. Di samping karena qualitas buahnya terjaga sama spt induknya juga nantinya pohon tumbuh tidak terlalu tinggi. Pohon yg dikembangbiakan dg teknik cangkok tidak akan mempunyai akar tunggang.
Tanaman yg dapat dicangkok adalah tanaman buah berkayu keras atau berkambium. Contoh : Mangga, jambu, jambu air, jeruk, dll.

Alat-alat yg diperlukan :
1.        Pisau yg kuat dan tajam.
2.        Serabut kelapa atau plastik kresek.
3.        Tali atau karet ban dalam bekas.
4.        paku panjang 10 cm.
5.        Ember atau apa saja media lain utk menampung air.
6.        kursi/tangga/stegger, jika cabang terlalu tinggi.
7.        Campuran tanah subur : Pupuk kandang : serabuk gergaji perbandingan 1    per 1

Read More