.post img:hover { -moz-trnasform: scale(1.3) ; -webkit-transform: scale(1.3); -o-transform: scale(1.3) ; -ms-transform: scale(1.2) ; transform: scale(1.3) ;}

CARA MENGHEMAT SUMBER DAYA ALAM

09:37 |



http://3.bp.blogspot.com/-R5VoXYQTSUc/Ucv7bS-MCRI/AAAAAAAAAOk/iYBLZsFSeKE/s320/mezs.jpg
      SDA atau Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang ada di alam ini yang dapat memiliki berbagai macam bentuk, seperti SDA pertanian, SDA pertambangan dll. Kebanyakan SDA itu merupakan SDA yang tidak dapat di perbaharui. Ini menandakan bahwa jika kita menggunakan SDA secara berlebihan maka SDA tersebut akan cepat habis. Tetapi yang menjadi fenomena adalah kelangkaan SDA air, padahal SDA air ini termasuk SDA yang dapat diperbaharui. Untuk menghindari kelangkaan SDA ini, kita haruslah pintar-pintar berhemat, misalnya :

1.      Turunkan Suhu AC anda. Hindari penggunaan suhu maksimal. Gunakan AC pada tingkatan sampai kita  merasa cukup nyaman saja.
2.      Gunakan Timer untuk menghindari lupa mematikan AC. Gunakanlah timer sesuai dengan kebiasaan anda.
3.      Gunakan pemanas air tenaga surya. Meskipun mahal,dalam jangka waktu lama hal ini akan menghemat tagihan listrik anda.
4.      Matikan lampu yang tidak terpakai dan jangan biarkan air menetes. Selain menghemat energi dan airbersih, ini akan menghemat tagihan anda.
5.      Gunakan lampu yang hemat energi. meskipun lebih mahal, rata-rata mereka lebih kuat dan lebih hemat hingga 80% dari lampu pijar biasa.
6.      Maksimalkan pencahayaan dari alam. Gunakan warna terang ditembok, gunakan genteng kaca di plafon, maksimalkan pencahayaan melalui jendela.
7.      Kurangi waktu dalam membuka lemari es anda. Untuk setiap membuka lemari es anda.


SDA atau Sumber Daya Alam adalah segala sasuatu yang ada di alam ini yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan kehidupan manusia. SDA dapat memiliki berbagai macam bentuk, seperti SDA pertanian, SDA pertambangan, dll. Kebanyakan dari SDA itu merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui. Ini menandakan bahwa jika kita terus menerus menggunakan SDA secara berlebihan maka SDA tersebut akan cepat habis. Tetapi yang menjadi fenomena baru sekarang adalah terjadinya kelangkaan SDA air, padahal air merupakan SDA yang dapat diperbaharui.

http://dishut.jatimprov.go.id/imagefck/image/berita-artikel/air.jpg
Kelangkaan air bersih bisa kita lihat di daerah gunung Kidul. Warga di sana sangat kesulitan mencari air bersih. Hal ini juga terjadi di beberapa tempat lain dikarenakan adanya pencemaran pada air sehingga air tidak dapat digunakan untuk kehidupan. Selain kelangkaan air bersih, masih banyak lagi kelangkaan SDA lain yang terjadi seperti munyak tanah, gas LPG, dll.
Untuk menghindari kelangkaan SDA yang setiap waktunya semakin banyak, kita harus pintar-pintar menghemat. Jangan karena merasa air itu murah dan tidak perlu bayar (yang menggunakan sumur, kalau make PAM bayar), msks kita menggunakannya dengan berlebihan. Keran air terus menyala padahal sedang tidak menggunakan air. Tentunya itusangat boros bukan? Begitu juga dengan penggunaan bahan bakar minyak. Kita sebaiknya memilih kendaraan umum karena dengan menggunakan kendaraan umum, secara tidak langsung, kita ikut menghemat SDA.
Penghematan SDA sangat penting karena suatu saat nanti, kita akan mewariskan bumi ini pada anak, cucu, atau cicit kita. Jika kita tidak menghemat dan menghabiskannya sekarang, anak cucu cicit kita yang akan menderita pada kehidupannya nanti. Mereka akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Kita harus menyadari bahwa kita hidup sekarang ini bukan untuk menggunakan SDA, kita hidup untuk menjaga agar SDA ini tetap dapat digunakan oleh anak cucu kita yang aklan mewarisi bumi ini.
Untuk menghemat SDA sebenarnya tidak sulit, hanya sekali lagi yang perlu diutamakan adalah niat. Jika kita memang berniat untuk menghemat, kita akan melakukannya. Tetapi jika kita malasa dan tidak ada niat, kita akan menggunakannya secara boros. Ini bergantung dari dirri kita sendiri. Untuk menumbuhkan niat diperlukan kesadaran. Untuk menumbuhkan kesadaran perlu adanya pendidikan. Jika kita mendidik anak-anak kita yang masih kecil untuk berhemat SDA, maka kelak pada saat dewasa nanti anak-anak itu akan memiliki kesadaran akan pentingnya berhemat.

HEMAT BAHAN BAKAR DAN SUMBER DAYA ALAM

Dalam upaya menghemat bahan bakar maupun sumber daya alam, pemerintah menganjurkan untuk melakukan beberapa cara atau tips yang dapat digunakan. Penyebab terjadinya pemborosan dalam konsumsi bahan bakar adalah, kurangnya kesadaran pada masyarakat dan adanya kebiasaan-kebiasaan yang sulit untuk diubah.

http://3.bp.blogspot.com/-YTOQz_vCCoA/UIivH3WEKbI/AAAAAAAAABg/8zSVPATJAEE/s200/air.jpg
http://1.bp.blogspot.com/-e7Ergr1vGJM/UIivBYBGXqI/AAAAAAAAABY/4CkA5WACy4Q/s1600/listrik.jpg
Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar dan sumber daya alam adalah sebagai berikut : yang pertama adalah dengan tidak membuang air bersih secara percuma. Dalam konteks ini, kita harus menjadi pengguna yang cermat dalam menggunakan air bersih didalam kehidupan sehari-hari sebagai contoh, tutup segera keran air apabila air telah tidak digunakan atau tampungan air telah terisi penuh. Jangan membiasakan diri membuang air bersih karena bila hal itu dilakukan setiap kali kita menggunakan air, bayangkan berapa banyak air bersih yang terbuang secara percuma.
Cara yang kedua yaitu, mempergunakan listrik sesuai dengan kebutuhan. Apabila kita ingin menggunakan listrik harus sadar akan biaya yang akan kita tanggung sendiri. Terlebih lagi, saat ini telah adanya sistem yang dinamakan pulsa token yang dapat membatasi segala kebutuhan kita dalam masalah listrik setiap hari. Dengan menggumakan pulsa listrik (token) kita dapat meminimalkan penggunaan listrik sesuai dengan kebutuhan kita. 
Disamping itu, ada baiknya jika kita melepaskan atau mencabut kabel yang sudah tidak digunakan lagi, selain untuk menghemat listrik kita juga akan terhindar dari bahaya kebakaran.  Dan cara yang terakhir adalah upaya dalam menghemat bahan bakar minyak (BBM) dengan cara tidak menggunakan kendaraan bermotor jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh. Lebih baik dengan berjalan kaki, atau mengendarai sepeda untuk menghemat BBM dan mengurangi polusi udara.  Tindakan seperti diatas merupakan tindakan sederhana, namun akan lebih terasa manfaat dan keuntungannya jika kita semua mau dan dari hati dalam melaksanakan itu semua.

2 comments:

Post a Comment