.post img:hover { -moz-trnasform: scale(1.3) ; -webkit-transform: scale(1.3); -o-transform: scale(1.3) ; -ms-transform: scale(1.2) ; transform: scale(1.3) ;}

MANFAAT UDARA BAGI KEHIDUPAN DAN FUNGSI UNSUR UDARA

09:09 |



Udara sangat penting bagi makhluk hidup. Tanpa udara, semua makhluk di muka bumi akan mati. Manfaat udara bagi kehidupan adalah sebagai berikut :
a.     Sebagai pelindung terhadap radiasi sinar matahari (sebagian sinar matahari diserap udara sehingga suhu di bumi tidak begitu tinggi).
b.     Sebagai sumber berbagai macam zat yang berguna bagi kehidupan (oksigen berguna bagi kehidupan, nitrogen berguna bagi tumbuhan).
c.     Sebagai pelindung bumi dari tabrakan-tabrakan dengan benda langit yang lain, karena meteorit-meteorit bergesekan dengan atmosfer sebelum sampai di bumi.
d.     Untuk keperluan komunikasi. Lapisan udara bagian atas atau pada ketinggian di atas 60 km berdasarkan partikel-partikel ion merupakan pemancar gelombang radio. Pemancar satelit palapa untuk komunikasi, satelit cuaca untuk mengamati keadaan cuaca dan satelit komunikasi TDRS (Telementry Data Relay Satellite) untuk membantu mengirimkan hasil pemotretan ke stasiun bumi.
e.     Membantu terjadi penyerbukkan bunga
f.        Untuk bernafas
g.     Melindungi bumi dari radiasi
h.     Membawa uap air yang akan turun sebagai hujan
i.         Untuk menyeburkan tanah
j.         Sebagai energi alternatif:  PLT Angin , Kincir Angin , Menggerakkan Perahu Layar , Layang-layang
k.      Mempengaruhi Musim

Jenis-Jenis Dan Penyebab Utama Pencemaran Udara
Jenis-jenis Bahan Pencemar:
-       Karbon monoksida (CO)
-       Nitrogen dioksida (N02)
-       Sulfur Dioksida (S02)
-       CFC
-       Karbon dioksida (CO2)
-       Ozon (03 )
-       Benda Partikulat (PM)
-       Timah (Pb)
-       HydroCarbon (HC)
Penyebab Pencemaran Udara/Rusaknya Udara

Pembangunan yang berkembang pesat dewasa ini, khususnya dalam industri dan teknologi, serta meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar fosil (minyak) menyebabkan udara yang kita hurup di sekitar kita menjadi tercemar oleh gas-gas buangan hasil pembakaran.
            Secara umum penyebab pencemaran udara ada 2 macam, yaitu :
a.     Karena faktor internal (secara alamiah), contoh:
1.             Debu yang beterbangan akibat tiupan angin.
2.             Abu (debu) yang dikeluarkan dari letusan gunung berapi berikut gas-gas vulkanik.,
3.             Proses pembusukan sampah organik, dll
b.     Karena faktor eksternal (karena ulah manusia), contoh:
1.             Hasil pembakar bahan bakar fosil.
2.             Debu/serbuk dari kegiatan industri
3.             Pemakaian zat-zat kimia yang disemprotkan ke udara

Pelestarian udara
Udara merupakan unsur vital bagi kehidupan, karena setiap organisme bernapas memerlukan udara. Kalian mengetahui bahwa dalam udara terkandung beranekaragam gas, salah satunya oksigen.
Udara yang kotor karena debu atau pun asap sisa pembakaran menyebabkan kadar oksigen berkurang. Keadaan ini sangat membahayakan bagi kelangsungan hidup setiap organisme. Maka perlu diupayakan kiat-kiat untuk menjaga kesegaran udara lingkungan agar tetap bersih, segar, dan sehat. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga agar udara tetap bersih dan sehat antara lain:
1)     Menggalakkan penanaman pohon atau pun tanaman hias di sekitar kita
Tanaman dapat menyerap gas-gas yang membahayakan bagi manusia. Tanaman mampu memproduksi oksigen melalui proses fotosintesis. Rusaknya hutan menyebabkan jutaan tanaman lenyap sehingga produksi oksigen bagi atmosfer jauh berkurang, di samping itu tumbuhan juga mengeluarkan uap air, sehingga kelembapan udara akan tetap terjaga.
2)     Mengupayakan pengurangan emisi atau pembuangan gas sisa pembakaran, baik pembakaran hutan maupun pembakaran mesin Asap yang keluar dari knalpot kendaraan dan cerobong asap merupakan penyumbang terbesar kotornya udara di perkotaan dan kawasan industri. Salah satu upaya pengurangan emisi gas berbahaya ke udara adalah dengan menggunakan bahan industri yang aman bagi lingkungan, serta pemasangan filter pada cerobong asap pabrik.
3.      Mengurangi atau bahkan menghindari pemakaian gas kimia yang dapat merusak lapisan ozon di atmosfer Gas freon yang digunakan untuk pendingin pada AC maupun kulkas serta dipergunakan di berbagai produk kosmetika, adalah gas yang dapat bersenyawa dengan gas ozon, sehingga mengakibatkan lapisan ozon menyusut. Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer yang berperan sebagai filter bagi bumi, karena mampu memantulkan kembali sinar ultraviolet ke luar angkasa yang dipancarkan oleh matahari. Sinar ultraviolet yang berlebihan akan merusakkan jaringan kulit dan menyebabkan meningkatnya suhu udara. Pemanasan global terjadi di antaranya karena makin menipisnya lapisan ozon di atmosfer.
4.      enggunakan kendaraan bermotor yang gas gas buangan aman terhadap lingkungan.
  1. menggunakan alat transportasi yang bebas dari gas buangan, seperti sepeda dan kendaaan dengan tenaga listrik atau sumber enegi lain yang ramah lingkungan.
  2. mewajibkan industri aau pabrik untuk melakukan penyaringan terhadap gas buangan yang langsung ke udara.
  3. tidak menggunakan peralatan, baik dirumah atau dikantor yang menggunakan CFC (Chlorofluorcarbon).
  4. mengurangi sekecil mungkin penggunaan kendaraan pribadi, terutama ang menggunakan bahan bakar fosil atau bahan bakar minyak (BBM).
  5. menanam umbuh umbuhan di lahan-lahan terbuka atau membuat taman-taman kota.
  6. melakukan reboisasi di lahan yang gersang atau hutan-hutan yang gundul.


2 comments:

Adhani Alkanza said...

cara pemanfaatanya

Dewa Poker Online said...

Bagus sekali artikelnya, sukses ya min. Informasinya menarik dan menambah wawasan

pokerv
Agen Poker Online Terpercaya

Post a Comment