TUGAS BIOLOG
TINGKAT KEANEKARAGAMA HAYATI
D
I
S
U
S
U
N
OLEH : KELOMPOK 7
1.
YORI PERDANA
2.
PAULINA CRESTA GULTOM
3.
LUSIA CINDY
4.
YUSUF RAMADHAN
5.
ISRA ILHAM
KELAS : X MIA 4
WALI KELAS : ARDIZON, S.Pd
SMA NEGERI 1 UJUNGBATU
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan atas rahmat dan berkah
Tuhan Yang Maha Kuasa, karena telah memberikan kemudahan dan karuniaNya
sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Laporan Tingkat Keanekaragaman Hayati
yang bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman hayati ditingkat gen, spesies,
ekosistem.
Terima kasih ucapkan kepada guru pembimbing karena
telah memberikan tugas kami sehingga menambah pengetahuan kami mengenai hal
diatas dan juga membentuk kebersamaan dan sinergi dalam kelompok ini.
Kami selaku penyusun sudar akan ketidaksempurnaan
dan kekurangan dalam makalah ini baik dalam sistem. Penyusunan maupun
materinya. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.
Ujungbatu, Oktober 2014
Penulis
Kata Pengantar.......................................................................................
Daftar Isi.................................................................................................
Pendahuluan..........................................................................................
a. Latar Belakang.............................................................................
b. Tujuan...........................................................................................
Isi............................................................................................................
Penutup..................................................................................................
Daftar pustaka.......................................................................................
Lampiran................................................................................................
I.
PENDAHULUAN
a.
Latar Belakang
Praktikum ini dimulai
ketika kami mempelajari bab kedua biologi semester I yaitu Keanekaragaman
Hayati. Keanekaragaman hayati adalah organisme hidup pada tiga tingkat, yaitu
tingkat gen, spesies, dan ekosistem.
b.
Tujuan
Kegiatan
praktikum ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman hayati ditingkat gen,
spesies dan ekosistem.
II. ISI
Judul Kegiatan : Tingkat Keanekaragaman Hayati
Tujuan : Mengetahui keanekaragaman hayati ditingkat gen, spesies dan
ekosistem
Cara kerja :
1. Pergilah kesuatu ekosistem misalnya kebun, kolam
halaman sekolah
2. Catatlah semua organisme yang hidup diekosistem
tersebut dan diamati ciri-cirinya
3. Bila terdapat orgnaisme yang tergolong 1 spesies,
tetapi berbeda varietas/memiliki perbedaan ciri-ciri tertentu (misalnya
perbedaan warna bunga), gunakan simbol A, B, C dan seterusnya. Contoh
Baugenvilea Glabra A (berbunga orange), Baugainvillea Glabra B (berbunga ungu),
dan Baugainvillea Glabra C (berbunga putih).
4. Kelompok organisme yang berbeda spesis, tetapi
memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama.
5. Tuliskan manfaat organisme yang telah anda daftar.
6. Tuliskan data-datanya kedalam tabel pengamatan
seperti berikut :
TABEL PENGAMATAN
1. Kebun Karet
No
|
Jenis
Organisme Hewan (a)
|
Nama
Ilmiah
|
Manfaat
|
Keterangan
|
1
|
Nyamuk
|
Aedes
|
Larvanya bisa dijadikan pakan
ikan hias seperti pakan ikan cupang
|
Memiliki umur yang singkat,
dan merupakan suaranya pengganggu
|
2
|
Kupu-kupu (a)
|
Appias liby thea (a) memiliki
warna kuning
|
Membantu penyerbukan pada
bunga tumbuhan
|
Memiliki larva atau ulat yang
menjadi hama pada tumbuhan
|
3
|
Kupu-kupu (b)
|
Appias liby thea (b) memiliki
warna orange
|
Membantu penyerbukan pada
bunga tumbuhan
|
Memiliki larva atau ulat yang
menjadi hama pada tumbuhan
|
4
|
Burung Kutilang
|
Pycnorotus aurigaster
|
Memiliki kicauan yang unik
dan indah
|
Mudah lupa jika terlalu lama
tidak dengar suara yang sama
|
5
|
Burung Pipit berkepala putih
|
Lonchura maja
|
Bisa dijadikan sebagai burung
peliharaan
|
Menjadi hama bagi para petani
|
6
|
Semut Angkrang
|
Decophylla smaraydica
|
Telurnya bisa dijadikan pakan
burung pekicau
|
Akan menyerang dan menggigit
bila merasa terganggu
|
No
|
Jenis
Organisme Tumbuhan (b)
|
Nama
Ilmiah
|
Manfaat
|
Keterangan
|
1
|
Karet atau para
|
Hevea brasi liensis
|
Getahnya merupakan bahan
utama pembuatan ban, alat-alat yang memerlukan kelenturan dang goncangan
|
Kayunya mudah patah, jika
kekurangan kalium hasil lateksnya menurun
|
2
|
Pisang
|
Musa para disiaca
|
Menghasilan buah yang
memiliki banyak manfaat
|
Mudah terserang oleh hama dan
penyakit
|
3
|
Alang-alang
|
Imperata chylin drica
|
Akarnya bisa digunakan untuk
obat tradisional
|
Kerap menjadi gulma dilahan
pertanian
|
4
|
Pohon Jengkol
|
Arcidendron pauciflorum
|
Menghasilkan buah yang bisa
dikonsumsi oleh manusia
|
Biji jengkol sedikit beracun
karena adanya asam jengkol dan dapat menyebabkan keracunan biji jengkol
|
5
|
Paku Sayur
|
pteridophyta
|
Merupakan tumbuhan yang bisa
dijadikan makanan, sayur, gulai, dan jenis makanan lainnya
|
Tumbuhan ini memiliki batang
yang lunak dan tidak dianjurkan memakannya mentah karena mengandung asam
klimat
|
2. Kolam
No
|
Jenis
Organisme Hewan (a)
|
Nama
Ilmiah
|
Manfaat
|
Keterangan
|
1
|
Ikan gabus
|
Chana striatus
|
Mengandung protein,
mengeringkan luka
|
|
2
|
Cacing
|
Tania
|
Sebagai obat tifus, diare
|
|
3
|
Katak Hijau
|
Rana macrodon
|
Dapat menyembuhkan penyakit
|
|
4
|
Keong
|
Pita ampullacea
|
Obat tradisional
|
|
No
|
Jenis
Organisme Tumbuhan (b)
|
Nama
Ilmiah
|
Manfaat
|
Keterangan
|
1
|
Teratai Air Putih
|
Genus nymphaea alba
|
Menyembuhkan penyakit dan
memperkuat kesehatan tumbuh
|
|
2
|
Kangkung Air
|
Ipomoea aquatica
|
Menjadi kebutuhan manusia,
mengandung serat tinggi
|
|
3
|
Genger
|
Limnocharis stava
|
Menjadi kebutuhan manusia
|
|
PERTANYAAN
1. Sebutkan keanekaragaman ekosistem yang telah anda
amati!
2. Apakah persamaan dan perbedaan ciri-ciri abiotik
maupun biotik pada ekosistem tersebut? Bila ada, jelaskan!
3. Jelaskan keanekaragaman spesies yang terdapat pada
ekosistem yang anda amati!
4. Berdasarkan data dalam tabel dapatkah anda
menemukan keanekaragaman genetik di antara spesies.
JAWABAN
1. - Ekosistem
kebun
- Ekosistem
kolam
- Ekosistem
halaman sekolah
2. Ada
- Ekosistem Kebun
Ciri-ciri abiotik
3.
4.
5. Sebagai Pangan : kangkung, genger, ikan gabus, sayur paku,
jengkol, pisang
Sandang
: kareat
bahan pembuatan baju (karet)
Obat-obatan : katak
hijau, keong, teratai putih, ikan gabus, alang-alang (akar).
Papan : pohon
karet bisa dibuat menjadi penopang/penyangga pembuatan ruko
Industri : daun
pisang sebagai pelengkap hiasan seni terapan
Kosmetik
: -
LAMPIRAN
DAFTAR PUSTAKA
1. Dr. Istamar Syamsuri, M.Pd. IPA Biologi Kelas VII.
Jakarta : Erlangga
2. Slamet Prawirohartono. Sains Biologi Kelas X.
Jakarta : PT. Bumi Aksara
3. Microsoft Encarta Reference Library 2003
0 comments:
Post a Comment