.post img:hover { -moz-trnasform: scale(1.3) ; -webkit-transform: scale(1.3); -o-transform: scale(1.3) ; -ms-transform: scale(1.2) ; transform: scale(1.3) ;}

TINGKAT KEANEKARAGAMA HAYATI

09:42 |



TUGAS BIOLOG


TINGKAT KEANEKARAGAMA HAYATI



D
I
S
U
S
U
N

OLEH : KELOMPOK 7


1.    YORI PERDANA
2.    PAULINA CRESTA GULTOM
3.    LUSIA CINDY
4.    YUSUF RAMADHAN
5.    ISRA ILHAM

KELAS : X MIA 4
WALI KELAS : ARDIZON, S.Pd



SMA NEGERI 1 UJUNGBATU
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
KATA PENGANTAR


Puji syukur kami ucapkan atas rahmat dan berkah Tuhan Yang Maha Kuasa, karena telah memberikan kemudahan dan karuniaNya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas Laporan Tingkat Keanekaragaman Hayati yang bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman hayati ditingkat gen, spesies, ekosistem.

Terima kasih ucapkan kepada guru pembimbing karena telah memberikan tugas kami sehingga menambah pengetahuan kami mengenai hal diatas dan juga membentuk kebersamaan dan sinergi dalam kelompok ini.

Kami selaku penyusun sudar akan ketidaksempurnaan dan kekurangan dalam makalah ini baik dalam sistem. Penyusunan maupun materinya. Semoga laporan ini bermanfaat bagi kita semua.


Ujungbatu,  Oktober 2014



Penulis



DAFTAR ISI


Kata Pengantar.......................................................................................
Daftar Isi.................................................................................................
Pendahuluan..........................................................................................
a.   Latar Belakang.............................................................................
b.   Tujuan...........................................................................................
Isi............................................................................................................
Penutup..................................................................................................
Daftar pustaka.......................................................................................
Lampiran................................................................................................



I.  PENDAHULUAN


a.   Latar Belakang
Praktikum ini dimulai ketika kami mempelajari bab kedua biologi semester I yaitu Keanekaragaman Hayati. Keanekaragaman hayati adalah organisme hidup pada tiga tingkat, yaitu tingkat gen, spesies, dan ekosistem.

b.   Tujuan
Kegiatan praktikum ini bertujuan untuk mengetahui keanekaragaman hayati ditingkat gen, spesies dan ekosistem.


II.  ISI

Judul Kegiatan   : Tingkat Keanekaragaman Hayati
Tujuan                : Mengetahui keanekaragaman hayati ditingkat gen, spesies dan ekosistem

Cara kerja :
1.  Pergilah kesuatu ekosistem misalnya kebun, kolam halaman sekolah
2.  Catatlah semua organisme yang hidup diekosistem tersebut dan diamati ciri-cirinya
3.  Bila terdapat orgnaisme yang tergolong 1 spesies, tetapi berbeda varietas/memiliki perbedaan ciri-ciri tertentu (misalnya perbedaan warna bunga), gunakan simbol A, B, C dan seterusnya. Contoh Baugenvilea Glabra A (berbunga orange), Baugainvillea Glabra B (berbunga ungu), dan Baugainvillea Glabra C (berbunga putih).
4.  Kelompok organisme yang berbeda spesis, tetapi memiliki ciri-ciri fisik yang hampir sama.
5.  Tuliskan manfaat organisme yang telah anda daftar.
6.  Tuliskan data-datanya kedalam tabel pengamatan seperti berikut :


TABEL PENGAMATAN

1.  Kebun Karet
No
Jenis Organisme Hewan (a)
Nama Ilmiah
Manfaat
Keterangan
1
Nyamuk
Aedes
Larvanya bisa dijadikan pakan ikan hias seperti pakan ikan cupang
Memiliki umur yang singkat, dan merupakan suaranya pengganggu
2
Kupu-kupu (a)
Appias liby thea (a) memiliki warna kuning
Membantu penyerbukan pada bunga tumbuhan
Memiliki larva atau ulat yang menjadi hama pada tumbuhan
3
Kupu-kupu (b)
Appias liby thea (b) memiliki warna orange
Membantu penyerbukan pada bunga tumbuhan
Memiliki larva atau ulat yang menjadi hama pada tumbuhan
4
Burung Kutilang
Pycnorotus aurigaster
Memiliki kicauan yang unik dan indah
Mudah lupa jika terlalu lama tidak dengar suara yang sama
5
Burung Pipit berkepala putih
Lonchura maja
Bisa dijadikan sebagai burung peliharaan
Menjadi hama bagi para petani
6
Semut Angkrang
Decophylla smaraydica
Telurnya bisa dijadikan pakan burung pekicau
Akan menyerang dan menggigit bila merasa terganggu



No
Jenis Organisme Tumbuhan (b)
Nama Ilmiah
Manfaat
Keterangan
1
Karet atau para
Hevea brasi liensis
Getahnya merupakan bahan utama pembuatan ban, alat-alat yang memerlukan kelenturan dang goncangan
Kayunya mudah patah, jika kekurangan kalium hasil lateksnya menurun
2
Pisang
Musa para disiaca
Menghasilan buah yang memiliki banyak manfaat
Mudah terserang oleh hama dan penyakit
3
Alang-alang
Imperata chylin drica
Akarnya bisa digunakan untuk obat tradisional
Kerap menjadi gulma dilahan pertanian
4
Pohon Jengkol
Arcidendron pauciflorum
Menghasilkan buah yang bisa dikonsumsi oleh manusia
Biji jengkol sedikit beracun karena adanya asam jengkol dan dapat menyebabkan keracunan biji jengkol
5
Paku Sayur
pteridophyta
Merupakan tumbuhan yang bisa dijadikan makanan, sayur, gulai, dan jenis makanan lainnya
Tumbuhan ini memiliki batang yang lunak dan tidak dianjurkan memakannya mentah karena mengandung asam klimat



2.  Kolam
No
Jenis Organisme Hewan (a)
Nama Ilmiah
Manfaat
Keterangan
1
Ikan gabus
Chana striatus
Mengandung protein, mengeringkan luka

2
Cacing
Tania
Sebagai obat tifus, diare

3
Katak Hijau
Rana macrodon
Dapat menyembuhkan penyakit

4
Keong
Pita ampullacea
Obat tradisional



No
Jenis Organisme Tumbuhan (b)
Nama Ilmiah
Manfaat
Keterangan
1
Teratai Air Putih
Genus nymphaea alba
Menyembuhkan penyakit dan memperkuat kesehatan tumbuh

2
Kangkung Air
Ipomoea aquatica
Menjadi kebutuhan manusia, mengandung serat tinggi

3
Genger
Limnocharis stava
Menjadi kebutuhan manusia




PERTANYAAN

1.  Sebutkan keanekaragaman ekosistem yang telah anda amati!
2.  Apakah persamaan dan perbedaan ciri-ciri abiotik maupun biotik pada ekosistem tersebut? Bila ada, jelaskan!
3.  Jelaskan keanekaragaman spesies yang terdapat pada ekosistem yang anda amati!
4.  Berdasarkan data dalam tabel dapatkah anda menemukan keanekaragaman genetik di antara spesies.



JAWABAN

1.  -  Ekosistem kebun
-  Ekosistem kolam
-  Ekosistem halaman sekolah

2.  Ada
-       Ekosistem Kebun
Ciri-ciri abiotik





3.   






4.   







5.  Sebagai Pangan : kangkung, genger, ikan gabus, sayur paku, jengkol, pisang
          Sandang   : kareat bahan pembuatan baju (karet)
          Obat-obatan   :       katak hijau, keong, teratai putih, ikan gabus, alang-alang (akar).
          Papan       : pohon karet bisa dibuat menjadi penopang/penyangga pembuatan ruko
          Industri     : daun pisang sebagai pelengkap hiasan seni terapan
          Kosmetik   : -
LAMPIRAN


DAFTAR PUSTAKA


1.  Dr. Istamar Syamsuri, M.Pd. IPA Biologi Kelas VII. Jakarta  : Erlangga
2.  Slamet Prawirohartono. Sains Biologi Kelas X. Jakarta  : PT. Bumi Aksara
3.  Microsoft Encarta Reference Library 2003


0 comments:

Post a Comment