.post img:hover { -moz-trnasform: scale(1.3) ; -webkit-transform: scale(1.3); -o-transform: scale(1.3) ; -ms-transform: scale(1.2) ; transform: scale(1.3) ;}

MENCANGKOK JERUK NIPIS

12.08 |



Bab I
                                 
   PENDAHULUAN
A.latarBelakang

                   Jaman sekarang semua hal sudah sangat canggih dan praktis. Mulai dari peralatan
yang dahulu sederhana hingga peralatan yang rumit. Semua itu bisa dilakukan seiring dengan adanya kemajuan teknologi. Disetiap bidang sudah ada pakar ilmuwannya sendiri baik manusia, hewan, tumbuhan dan lain-lain. Tapi cara canggih dan praktis itu tidak harus menggunakan teknologi modern.
 Di sini masalah yang akan dibahas ialah tumbuhan khususnya pada bidang perkembang biakkan yaitu mencangkok. Mencangkok merupakan salah satu perkembangbiakkan vegetatif yang sudah sangat terkenal di wilayah Indonesia. Pada umumnya para pemilik perkebunan khususnya buah di Indonesia menggunakan cangkok untuk perkembangbiakkan buahnya. Karena, para petani kebun meyakini bahwa mencangkok bisa membuat tanaman lebih cepat tubuh dan menghasilkan buah yang relatif singkat. Hal lain yang mendasari petani dalam mancangkok yaitu banyaknya pemesanan tumbuhan oleh para pembeli, sehingga para petani lebih memilih menggunakan cangkok daripada biji. Walaupun  buah yang akan dihasilkan akan persis dengan induknya  itu tidak mempengaruhi pendirian para petani karena kelebihan dari mencangkok itu sudah cukup bagi mereka.

B.RumusanMasalah

                 Walaupun mencangkok sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Indonesia. Tetapi banyak juga masyarakat yang jarang menggunakan cangkok, kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa mencangkok itu rumit dan kemungkinan untuk tumbuhnya sangat kecil. Sebagian masyarakat ini lebih memilih membeli biji tumbuhan yang biasa dijual di pertanian, meskipun jangka waktu tumbuhnya lebih lama. Padahal, sebenarnya mencangkok itu tidak rumit dan akan berhasil jika kita tahu langkah-langkah yang benar. Lagi pula, hasil tumbuhan yang dicangkok akan sama persis dengan induknya. Perlunya pengetahuan tentang mencangkok sangat penting untuk semua orang. Baiknya menteri pertanian ataupun pemerintah memberikan bimbingan kepada para petani kebun ataupun seluruh masyarakat.

C. Tujuan
 1. Untuk memberikan pengetahuan betapa pentingnya mencangkok bagi    perkembang biakkan         tumbuhan
2. Untuk memberikan keuntungan-keuntungan mencangkok
3. Untuk memberitahukan cara mencangkok

Bab II
                                    PEMBAHASAN

A.Pengertian
            Mencangkok merupakan salah satu cara pembiakan vegetatif buatan yang bertujuan untuk memperbanyak tanaman yang memiliki sifat yang sama dengan induknya dan cepat menghasilkan. Selain itu, pohonnya juga tidak terlalu tinggi.
Mencangkok dilakukan dengan cara menguliti hingga bersih dan menghilangkankambium pada cabang atau ranting sepanjang 5-10 cm pada tanaman dikotil untuk kemudian dipindahkan ke dalam wadah lain saat akar telah tumbuh.
Pada saat mencangkok, kambium pada cabang atau ranting harus dihilangkan agar kulit tidak terbentuk kembali. Bila kulit terbentuk kembali, maka akar tidak akan dapat terbentuk. Sebaliknya, jika lapisan cambium tersebut bersih, maka hasil fotosintesis akan terkumpul di tempat cambium yang telah dibersihkan dan pertumbuhan akar dapat terangsang dengan baik.
B. Alat dan Bahan
           PERALATAN :
            1. Pisau
            2. Gunting
            MEDIA CANGKOK :
            1. Mos
            2. Bubuk sabut kelapa
            3. Kompos
            4. Pupuk kandang
            PEMBALUT MEDIA :
            1. Pelastik bening/Tabung bambu/Ijuk/sabut kelapa
            2. Tali raffia

C. Cara Pembuatan
1. Plih batang yang tidak terlalu tua ataupun muda kira-kira 120 CM.


2. Kerat batang dengan pisau dengan panjang 10 CM.


3. Hilangkan kambium yang masih menempel dengan cara mengeriknya.
4. Keringkan getah yang masih menempel (untuk tanaman tidak bergetah biasanya hanya memerlukan waktu2-4hari,sedangkan tanaman bergetah biasanya memerlukan waktu2-3minggu).
5. Memberi ZPT (zat perangsang tumbuh) dan pupuk.
6. Kepal tanah dan balut pd batang.
7. Bungkus sayatan yang telah dibalut tanah dengan pelastik bening/pembalut media lain kemudian ikat dengan tali raffia.

















8. Perawatan siram setiap hari.


D. Manfaat
Ada beberapa keuntungan dari mencangkok.diantaranya,  Tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan tumbuhan yang ditanam dari biji Tumbuhan yang dicangkok memiliki sifat yang sama dengan induknya.
Tingkat keberhasilannya lebih tinggi, karena pada proses mencangkok akar akan tumbuh ketika masih berada di pohon induk. Produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanaman induknya.
Tanaman asal cangkok bisa ditanam pada tanah yang letak air tanahnya tinggi atau di pematang kolam ikan. Itulah beberapa keuntungan dari mencangkok.
Kerugian Dari Mencangkok  Disamping keuntungan, terdapat juga beberapa kekurangan/ kerugian  pembibitan dengan sistem cangkok.  Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering. Tanaman mudah roboh bila ada angin kencang karena tidak berakar
tunggang. Pohon induk tajuknya menjadi rusak karena banyak cabang yang dipotong. Dalam satu pohon induk kita hanya bisa mencangkok beberapa batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besar tidak bisa dilakukan dengan cara ini.




Bab III
                                             PENUTUP

A.Kesimpulan
            Jadi mencangkok merupakan perkembang biakkan vegetatif dan juga perkembang biakkan tertua di dunia. Cangkok dapat digunakan untuk tumbuhan yang berbuah maupun tanaman hias. Gunakan batang yang tidak terlalu tua untuk mencangkok. Hilangkan  kambium pada batang saat mencangkok. Ikuti langkah-langkah mencangkok dengan benar agar hasil yang didapat bisa memuaskan. Mencangkok sangat baik digunakan untuk para petani perkebunan ataupun para pennyuka tumbuhan. Banyak kelebihan yang bisa diambil dari mencangkok.


B.Saran
            Sebaiknya, mencangkok digunakan untuk para petani perkebunan ataupun para pennyuka tumbuhan. Agar mereka bisa menghasilkan tanaman yang berkualitas dengan relatif singkat. Lagi pula cara mencangkok tidak rumit dan efisien. Barang yang digunakan juga murah dan mudah didapat, sehingga itu sangat memudahkan petani kebun dalam mencangkok.

0 komentar:

Poskan Komentar