.post img:hover { -moz-trnasform: scale(1.3) ; -webkit-transform: scale(1.3); -o-transform: scale(1.3) ; -ms-transform: scale(1.2) ; transform: scale(1.3) ;}

SEJARAH MANDRIVA LINUX

09:35 |




Mandriva Linux yang sebelumnya disebut  Mandrakelinux atau Mandrake Linux adalah distribusi Linux dari Perancis yang didistribusikan oleh Mandriva (sebelumnya Mandrakesoft).
Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager. Masa rilis Mandriva Linux adalah 18 bulan untuk base update seperti Linux, sistem software, dll dan 12 bulan untuk desktop update seperti window manager, desktop environment, I, dll). Untuk versi Server menerima update penuh selama minimal 24 bulan setelah dirilis.
Mandriva Linux adalah salah satu distro linux yang mengutamakan kemudahan bagi para penggunanya terutama bagi para pemula didunia Linux.

Sejarah Mandriva Linux
Rilis pertama Mandriva pada bulan Juli 1998 menggunakan platform Red Hat Linux versi 5.1 dan kompilasi KDE versi 1.0 . Proyak Mandriva Linux diprakarsai oleh Gaël Duval. Proyek ini bertujuan menghasilkan distro linux yang memberi kemudahan pengoperasian pada pengguna baru/pemula.
Dari awal ke versi 8.0 distribusi Mandrake bernama Linux Mandrake. Dan dari versi 8,1 – 9,2 itu disebut Mandrake Linux. Pada bulan Februari 2004 Mandrakesoft kalah dalam kasus pengadilan terhadap Hearst Corporation, pemilik King Features Syndicate. Hearst berpendapat bahwa Mandrakesoft melanggar karakter “Mandrake The Magician” milik King Features.
Akibat dari itu, Mandrakesoft harus mengubah nama produknya, yaitu dengan cara menghapus ruang antara nama merek dan nama produk dan mengubah huruf pertama dari nama produk menjadi huruf kecil sehingga menciptakan satu kata. Mulai versi 10.0 Mandrake linux berubah menjadi Mandrakelinux dan Mandrake Move berubah menjadi Mandrakemove. Logo Mandrake Lnux pun berubah seiring dengan perubahan ini.
Pada bulan April 2005 Mandrakesoft mengumumkan akuisisi terhadap  Conectiva, sebuah perusahaan dari Brasil yang menghasilkan distribusi Linux berbahasa Portugis di Brazil dan Spanyol di Amerika Latin.
Sebagai akibat dari akuisisi terhadap Conectiva  dan sengketa hukum dengan Hearst Corporation, Mandrakesoft mengumumkan nama perusahaan baru akan menjadi Mandriva, dan Mandriva Linux sebagai nama baru untuk nama produk.

Setiap distribusi Mandriva Linux selalu menyertakan tiga fitur utama, yaitu Installation, Control dan Administration. Di dalam Mandriva Linux terdapat Mandriva Control Center yang berfungsi memudahkan konfigurasi dan pengaturan pada semua sistem Mandriva. Pada Mandriva Control Center terdapat banyak program yang dikenal dengan Drake atau Draks yang secara keseluruhan disebut Drake Tools. Contoh: MouseDrake untuk pengaturan mouse, DiskDrake untuk pengaturan partisi dan file system pada harddisk dan DrakConnect yang berfungsi mengatur sistem koneksi jaringan.
Mandriva Linux menggunakan Desktop KDE dan GNOME sebaga desktop standar. Namun Desktop Environment lain seperti Xfce dan Twm juga disertakan. Selain itu tampilan Mandriva juga dipercantik dengan adanya Tema (Theme). Beberapa tema Manriva diantaranya adalah Galaxy dan Ia Ora.
PadaMandriva Linux terdapat paket manager yang disebut URPMI, yang berisi paket-paket RPM untuk instalasi program. RPM adalah kepanjangan dari RedHat Package Manager. Pada RPM manager inilah dilakukan proses instal dan uninstal program. Paker RPMDrake sudah terintagrasi pada Mandriva Control Center.

0 comments:

Post a Comment